R O A D S E R P

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menentukan Penyedia Implementasi ERP

implementasi erp

Banyak sekali pertimbangan sebelum menerapkan sistem untuk bisnis, khususnya implementasi ERP. Memilih perangkat lunak yang tidak tepat malah akan berujung bencana. Untuk itulah mengapa menetapkan kriteria penyedia implementasi ERP yang tepat sebelum proses implementasi adalah kunci kesuksesan.

 

Dengan banyaknya proses bisnis yang mengandalkan sistem ERP yang saling berkaitan satu sama lain, memilih penyedia implementasi yang salah juga dapat memiliki konsekuensi fatal yang menghancurkan alur bisnis. Akibat lainnya yaitu mencakup kualitas produk atau jasa, pembengkakan biaya, dan gangguan internal perusahaan karena kerusakan alur dalam menerapkan atau menggunakan sistem. 

 

Untuk itu, perusahaan hanya dapat mempertimbangkan implementasi ERP ketika tim lintas fungsi mengidentifikasi output yang ditentukan, situasi organisasi saat ini dan keadaan masa depan.

 

Berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum menentukan penyedia implementasi ERP.

 

Sasaran dan Tujuan Implementasi

Sebelum memulai proses implementasi ERP, Anda perlu mengevaluasi cara kerja perusahaan saat ini. Memperhitungkan proses bisnis yang saat ini akan membantu Anda mengetahui dengan tepat di mana sistem ERP akan cocok dan fungsi atau fitur apa yang diperlukan untuk menjalankan operasi sehari-hari perusahaan. Maksud dari tahap ini adalah untuk membangun gambaran yang jelas tentang bagaimana bisnis Anda saat ini beroperasi, dan bagaimana operasi tersebut dapat ditingkatkan.

 

Dari fitur-fitur yang umum ditawarkan penyedia implementasi ERPFinance, Manajemen Personalia, Purchasing, Manajemen Inventaris, Supply Chain, dan Intelijen Bisnis dan Pelaporan PintarAnda mungkin tidak membutuhkan keseluruhannya. Kebutuhan perusahaan akan sangat bergantung pada jenis bisnis Anda. Karena banyaknya variasi ERP spesialis, seperti ERP Manufaktur dan distribusi, penting untuk menelusuri dan mencari tahu dengan tepat apa yang Anda perlukan untuk menguatkan lini bisnis Anda hari ini, serta apa yang mungkin Anda perlukan di masa depan.

 

Sistem Implementasi

ERP pasti perlu terhubung dengan sistem pihak ketiga, maka tim IT perusahaan Anda harus memastikan mereka mengenal sistem tersebut. Tim IT  harus menginventarisasi sistem apa yang perlu mendorong atau menarik data dari software ERP. Idealnya, bahasan ini terjadi pada awal proses evaluasi.

 

Sebagian besar produk SaaS ERP akan memiliki API web yang dapat memungkinkan integrasi yang lebih mudah tetapi perusahaan Anda akan membutuhkan platform middleware yang solid untuk integrasi dan proses yang matang untuk pengembangan dan integrasi berkelanjutan.

 

Kecocokan Teknologi dan Roadmap Penyedia Implementasi

Sebelum melakukan implementasi ERP, Anda harus mengevaluasi apakah teknologi yang dikembangkan oleh penyedia implementasi ERP yang dipilih cocok dengan perusahaan Anda. Selain itu, Anda juga perlu melihat roadmap penyedia implementasi, yang mencakup rencana rilis dan tanggal fitur dan update terbaru keluar.

 

Hal ini penting untuk menyelaraskan dengan model bisnis yang Anda kembangkan. Jika ternyata fitur dan update terbaru dari ERP penyedia implementasi yang Anda pilih tidak cocok, mungkin saja akan merusak proses dan alur bisnis Anda. 

 

Sistem Dukungan Pelanggan (Customer Support) 

Kualitas dan pendekatan customer support yang diberikan penyedia implementasi sangat penting untuk dipertimbangkan, khususnya secara teknis. Anda harus memastikan apakah proses customer support berbasis telepon atau daring, dan apakah tersedia dukungan lokal. Anda juga harus melihat tingkat pengalaman teknisi. 

 

Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana tim Anda mendapat informasi dan pelatihan terhadap software ERP yang diimplementasi.

Related Post

Leave a Comment

erp indonesia

© 2021 Roads

Powered by 1Ci. All rights reserved.

Contact Us

Info@roads.id

(+62 22) – 6614726

Jl. Dangdeur Indah III No. 5, Sukajadi, Bandung, 40163

Follow Us