R O A D S E R P
pengusaha ritel

Tren yang Harus Diantisipasi Oleh Pengusaha Ritel di 2021 Imbas Pandemi COVID-19

Tidak diragukan lagi bahwa ritel siap menghadapi tantangan yang akan datang di tahun-tahun mendatang, membentuk tren ritel baru yang memaksa pengusaha ritel beradaptasi. Ketika pandemi COVID-19 menutup sementara pintu-pintu toko, ritel beradaptasi. Pengusaha ritel dengan cepat menerapkan alat bantu digital dan mengadopsi cara-cara baru untuk menjual, tantangan ini dilewati tanpa kemewahan dengan memiliki waktu persiapan. Tren ritel berikut mungkin muncul karena kebutuhan, namun tren tersebut akan terus membentuk industri ritel di tahun 2021 bahkan di masa mendatang.

Apa saja tren yang diprediksi akan menjadi game changer bagi setiap pengusaha ritel?

Layanan Berlangganan dan Keanggotaan yang Menciptakan Pembelian Berulang

Dengan menawarkan cara mudah kepada konsumen untuk membeli produk favorit mereka dan menemukan produk baru, metode berlangganan mulai mencuri perhatian di masa pandemi COVID-19, dan tidak menutup kemungkinan menjadi cara baru di masa mendatang. Menyediakan fitur berlangganan menjadi cara nyaman dan personal bagi pengusaha ritel untuk membangun loyalitas dan mengunci pendapatan berulang. Selain itu, menjadi cara mudah bagi pembeli untuk mendapatkan produk yang dibeli secara rutin tanpa meninggalkan rumah. Biaya keanggotaan memungkinkan toko menawarkan diskon eksklusif, penawaran khusus, dan cuplikan produk baru.

Layanan berlangganan dan keanggotaan juga memudahkan konsumen untuk menavigasi begitu banyak pilihan di pasar, yang sering kali mengarah pada ketidaktuntasan transaksi dan ditinggalkannya troli tanpa menyelesaikan pembelian. Dengan model bisnis baru ini, pengusaha ritel dapat memilih produk untuk pelanggan mereka berdasarkan preferensi dan pembelian sebelumnya untuk pengalaman belanja yang lebih personal.

Rangkaian Pilihan Metode Pembayaran yang Fleksibel 

Pandemi COVID-19 tidak hanya mengubah cara konsumen berbelanja, tetapi juga mengubah cara mereka membayar. Untuk menghindari kehilangan penjualan, pengusaha ritel harus dapat memproses pembayaran di mana saja, kapan saja, dan tentu saja meminimalisir kontak. Dompet digital menjadi semakin populer. Melalui gawai dan aplikasi digital, konsumen dapat membayar dengan cepat dan aman. 

Dalam kebanyakan kasus, persentase dari penjualan harian secara otomatis dibayarkan kembali terhadap jumlah uang muka, menjaga pembayaran tetap fleksibel agar sesuai dengan kebutuhan bisnis. Ini memungkinkan pengusaha ritel untuk berinvestasi lebih banyak dalam bisnis mereka dengan segera, seperti membeli inventaris, berinvestasi dalam pemasaran, atau mengelola arus kas.

Penguatan Omnichannel Melalui Alat Bantu Digital Guna Meningkatkan Pengalaman Belanja 

Omnichannel adalah pengaplikasian dagang di banyak saluran, di mana masing-masing saluran dagang terhubung satu sama lain, baik saluran online dan offline. Permintaan konsumen untuk menemukan, terlibat, meneliti, membeli, dan mendapatkan bantuan pasca-pembelian, menggunakan saluran apa pun yang mereka inginkan, akan terus tumbuh dan menjadi tren di industri yang krusial. 

Menghubungkan pengalaman online dan toko offline akan menjadi bisnis masa depan yang memungkinkan pembeli untuk dengan mudah berpindah di antara keduanya, meningkatkan loyalitas dan membuat pelanggan datang kembali.

Program loyalitas selalu penting bagi pengusaha ritel, namun dengan peningkatan besar dalam transaksi omnichannel, akan menjadi kunci untuk menerapkan penguatan baik secara strategi maupun penggunaan tools di setiap saluran. Pengusaha ritel perlu melibatkan dan memberi apresiasi kepada pelanggan melalui toko digital dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan di dalam toko fisik. Penggunaan alat bantu digital dan peranti lunak yang dapat menjadi pendorong bagi performa kanal-kanal bisnis semakin ramai berkembang. 

Sebut saja Enterprise Resource Planning (ERP) salah satunya. Penyedia solusi ERP yang umumnya diintegrasikan untuk perusahaan skala besar, kini mulai mengembangkan fitur-fitur yang dapat digunakan oleh bisnis skala kecil dan menengah. 

ERP Sebagai Solusi Bisnis Dalam Meningkatkan Efisiensi dan Akurasi Rutinitas Harian 

ERP mulai mendapat popularitas sebagai solusi bisnis yang menawarkan peningkatan efisiensi dan akurasi pada proses harian untuk mengelola dan mengintegrasikan bagian penting dari bisnis. ERP mulai menjadi bagian penting bagi perusahaan karena membantu mengimplementasikan perencanaan sumber daya dengan mengintegrasikan semua proses yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan dengan satu sistem. Cakupan solusi ERP di antaranya mengintegrasikan perencanaan, pembelian inventaris, penjualan, pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, dan masih banyak lagi.

Industri ritel akan dituntut untuk mengambil tindakan berkelanjutan dalam menanggapi perubahan perilaku konsumen dan “pola perilaku baru” mengikuti anjuran dalam menghadapi pandemi COVID-19 terkait jarak sosial dan interaksi tanpa kontak. Peran baru yang muncul dari toko fisik diantisipasi untuk melibatkan integrasi ke dalam proses pembelian online seiring dengan berlanjutnya tren ritel model online-merge-offline (OMO).

Roads ERP sebagai penyedia solusi ERP 

Roads ERP menyediakan solusi ERP yang membantu meningkatkan efisiensi dan akurasi bisnis Anda, dari bisnis skala kecil hingga menengah. Ikuti selalu info-info menarik yang kami rangkai dalam artikel-artikel seputar bisnis dan teknologi.

Related Post

Leave a Comment

erp indonesia

© 2021 Roads

Powered by 1Ci. All rights reserved.

Contact Us

Info@roads.id

(+62 22) – 6614726

Jl. Dangdeur Indah III No. 5, Sukajadi, Bandung, 40163

Follow Us