R O A D S E R P
manfaat software erp

Manfaat Software ERP Tekstil dan Garmen – Tak bisa dipungkiri bahwa tekstil dan garmen merupakan salah satu sektor industri yang paling kompetitif di antara industri lainnya. Dengan siklus yang singkat dan tren yang berganti dengan cepat, label dan produsen diharapkan untuk merilis produk baru setidaknya 2-3x dalam setahun.

Selain itu, proses produksi tekstil dan produk tekstil (TPT) juga harus melewati banyak tahapan, dari proses desain, produksi bahan mentah menjadi benang, benang menjadi kain, lalu kain menjadi produk jadi, yang jika semuanya dilakukan secara manual, akan menghabiskan begitu banyak waktu dan tentunya tenaga.

Untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi terutama di masa pemulihan dari pandemi COVID-19, Anda mungkin bisa mulai mempertimbangkan untuk menggunakan software ERP. Modul-modul terintegrasi yang dapat membantu Anda mengelola operasional secara end-to-end dari mulai pengadaaan barang (purchase), manajemen produksi, warehouse dan inventori, hingga penjualan dan data pelanggan.

Berbagai fungsi dan manfaat software ERP untuk bisnis tekstil dan garmen Anda, di antaranya:

 

Credit foto: lordsindia.com

 

1. Quality control bahan baku

Selain proses produksi, kualitas produk akhir juga ditentukan oleh kualitas bahan baku, karena itulah penting untuk menjaga kualitas bahan baku agar hasil produksi tetap konsisten dari waktu ke waktu. Anda dapat menggunakan software ERP untuk mengontrol kualitas bahan baku sejak dari supplier, mengelola data pemasok, produk, dan invoice dan memastikan Anda mendapatkan bahan baku terbaik. Selain itu, manfaat software ERP juga dapat membantu Anda melakukan quality control dan menyortir material sehingga hanya material dengan kualitas yang sesuai saja lah yang diteruskan ke tahap produksi.

 

2. Distribusi dan alokasi pekerjaan

Mengalokasikan pekerjaan secara manual di dalam proses yang panjang kompleks seperti industri tekstil dan garmen adalah pekerjaan yang monoton dan memakan banyak waktu. Dengan sistem ERP yang efisien, proses pembuatan bill of materials (BOM) dan distribusi serta alokasi work order ke masing-masing divisi seperti divisi celup, tenun, potong, jahit, hingga packing dapat dilakukan secara otomatis.

 

3. Manajemen limbah

Manfaat Software ERP dapat membantu Anda untuk memastikan bahwa limbah produksi seperti sisa kain dan merchandise serta bahan baku yang tidak lolos quality control tidak akan tercampur untuk menghindari masalah pada distribusi dan produksi.

 

Credit foto: Pabrik Sritex (Foto Investor Daily/David Gitaroza)

 

4. Optimasi produksi sesuai dengan dan permintaan

Untuk meminimalisir dead stock, volume produksi harus dirancang sesuai dengan permintaan konsumen. Dengan fitur demand planning & forecasting serta opsi penjadwalan produksi, keseimbangan antara volume penjualan dan produksi dapat dijaga dan proses produksi dapat berjalan dengan lebih efisien. Akurasi produksi juga dapat ditingkatkan, sehingga Anda bisa menghindari kekurangan maupun kelebihan kuantitas dalam produksi.

 

5. Kelola dan lacak produk sesuai karakteristik

Hanya dengan memasang tag, label, barcode atau nomor seri pada produk, Anda akan bisa melacak detail-detail pada produk menurut berbagai parameter seperti ukuran, warna, kuantitas, dan tahapan produksi. Pelacakan dapat dilakukan selama proses produksi, pengiriman, hingga penjualan. Fitur pelacakan yang terdapat pada modul inventori dalam produk ERP ini dapat membantu Anda untuk menjaga pergerakan stok dan produk agar tetap aman.

 

6. Customer Relationship Management

Bagi perusahaan B2B atau business-to-business, sangat penting untuk mempertahankan konsumen untuk melakukan repeat order. Dengan modul CRM atau customer relationship management pada software ERP, data-data pelanggan dan prospek dapat disimpan di dalam sebuah database terpusat yang bisa diakses dengan cepat saat dibutuhkan. Data-data lain seperti pertanyaan, feedback, dan request dari pelanggan juga dapat dicatat dan diteruskan secara real-time sehingga perusahaan dapat menangani masalah yang muncul dengan lebih cepat.

 

Credit foto: belart84 @Unsplash

7. Kelola stok dan penjualan

Jika anda produsen yang juga menjual hasil produksi Anda kepada konsumen, software ERP tidak hanya bisa membantu Anda mengelola proses produksi, namun juga mengontrol penjualan dan jumlah stok pada toko retail Anda baik itu toko fisik, maupun platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia dalam satu dashboard terpadu.

Fitur ini juga dapat membantu Anda memperbarui stok lintas kanal penjualan secara otomatis sehingga Anda tidak perlu melakukannya secara manual.

8. Integrasi semua tahapan produksi dalam satu dashboard

Semua tahapan produksi seperti pemintalan, pencelupan, penenunan pada pabrik tekstil maupun potong, jahit, finishing, dan quality control pada pabrik garmen dapat diintegrasi ke dalam satu sistem informasi terpusat sehingga proses produksi dapat dikelola dan dipantau melalui satu dashboard secara real-time.

9. Menerbitkan laporan performa bisnis secara menyeluruh

Dengan database terpusat dan sistem yang terintegrasi satu sama lain, laporan mengenai performa bisnis secara menyeluruh tidak hanya dari pabrik utama, namun juga cabang-cabang, departemen, gudang, dan toko-toko yang Anda miliki dapat didapatkan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat.

Ini tidak saja akan membantu Anda untuk memantau bisnis Anda secara berkala, namun juga mendapatkan data untuk membuat keputusan bisnis secara cepat.

ROADS ERP adalah sistem ERP manufaktur dengan fitur-fitur yang cocok untuk bisnis tekstil dan garmen skala kecil dan menengah. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Related Post

Leave a Comment

erp indonesia

© 2021 Roads

Powered by 1Ci. All rights reserved.

Contact Us

Info@roads.id

(+62 22) – 6614726

Jl. Dangdeur Indah III No. 5, Sukajadi, Bandung, 40163

Follow Us