R O A D S E R P
software erp

Software ERP Retail UKM – Satu tahun berlalu sejak pandemi COVID-19 dimulai, banyak industri termasuk industri retail mulai bangkit dari dampak ekonomi yang ditimbulkan. Dimulainya program vaksinasi memberikan harapan bahwa aktivitas akan segera pulih, dan roda perekonomian akan kembali menjadi sedia kala.

Untuk memulihkan bisnis retail Anda pasca pandemi, ada banyak cara bisa Anda lakukan. Salah satunya dengan melakukan efisiensi dan efektivitas bisnis melalui digitalisasi dan otomatisasi sistem. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk mengadopsi sebuah software ERP, simaklah beberapa fitur software ERP ritel yang penting untuk menunjang bisnis Anda:

 

 

1. Multi channel retail yang terintegrasi dengan e-commerce

Di tengah disrupsi ekonomi digital yang berlangsung saat ini, kebutuhan akan pemasaran dengan cara omnichannel atau memasarkan produk secara seamless melalui berbagai kanal, baik itu online maupun offline, semakin meningkat.

Sebuah software ERP dapat mengintegrasi data stok di inventori Anda dengan semua kanal penjualan yang Anda miliki, baik itu toko fisik maupun e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Saat penjualan terjadi di salah satu kanal, software ERP akan memperbarui sisa stok di semua kanal lain secara otomatis dan real-time sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan pelanggan karena kesalahan stok.

 

2. Modul CRM yang terintegrasi

Di dalam bisnis retail, mengetahui apa yang konsumen Anda butuhkan adalah hal terpenting. Ada banyak retailer lain yang menjual produk serupa, sehingga penting untuk membuat strategi marketing yang tepat untuk menarik konsumen ke toko yang Anda miliki.

Dengan modul CRM dalam software ERP, Anda dapat mengetahui kebiasaan berbelanja dan cara komunikasi yang konsumen Anda sukai. Apa yang membuat pelanggan memilih brand atau toko Anda dibanding yang lain. Sebuah modul CRM biasanya dilengkapi fitur untuk mengelola data prospek, konsumen, campaign, hingga event yang dapat Anda gunakan untuk mencari solusi-solusi dari permasalahan yang berkaitan dengan konsumen.

Selain itu, data-data tersebut juga akan terintegrasi dengan proses bisnis Anda yang lain seperti Sales dan Purchase sehingga Anda bisa dengan mudah membangun strategi penjualan yang efektif dan efisien.

 

Credit foto: densiq @Unsplash

3. Manajemen multi-location warehouse secara real-time

Mengelola data stok dan inventori retail bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terutama jika Anda memiliki lebih dari satu warehouse di beberapa lokasi yang berbeda. Di masa-masa krusial pemulihan dari pandemi COVID-19 di mana Anda harus meminimalisir kesalahan dan menekan biaya operasional, manajemen warehouse yang efisien menjadi krusial untuk dimiliki.

Modul manajemen warehouse yang terintegrasi dalam software ERP memungkinkan Anda untuk memindahkan barang keluar-masuk warehouse dan memenuhi pesanan dengan cepat dan efisien. Dengan fitur barcode scanning, goods issues and receipts, dan rangkuman mengenai pergerakan stok, serta integrasi dengan modul-modul lain seperti Purchase, Sales, Finance, Akunting, bahkan Produksi, software ERP akan membantu Anda meminimalisir eror, hingga menghemat biaya operasional dan waktu pengiriman, sehingga Anda bisa fokus pada mengembangkan bisnis dan revenue.

 

4. Demand Planning & Inventory Forecasting

Di era digital di mana konsumen bisa mendapatkan informasi dengan mudah, Anda bisa dengan mudah pula memasarkan produk kepada konsumen, namun begitu pula dengan kompetitor Anda. Untuk mencegah agar konsumen tidak berpaling pada kompetitor, layanan pelanggan yang baik memanglah penting, namun memastikan bahwa stok Anda selalu terjaga dan bisa memenuhi kebutuhan konsumen juga sangat krusial.

Dengan fitur demand planning & inventory forecasting pada software ERP, Anda akan bisa melacak produk-produk tinggi peminat dan memperkirakan permintaan di masa dengan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dengan integrasi modul-modul yang meliputi hampir semua proses bisnis seperti Inventori, Sales, Purchasing, Akunting, dan Report dalam satu sistem tunggal yang bisa diakses secara real-time, proses manajemen stok dan pergerakan serta permintaan barang dapat dilakukan secara mudah dan efisien.

Apalagi jika Anda melakukan produksi sendiri atau menerima suplai barang dari ratusan supplier. Fitur ini akan membantu Anda melakukan restock barang-barang terlaris Anda sebelum stoknya benar-benar habis.

 

Credit foto: posterpos @Unsplash

5. POS yang Terintegrasi

Modul Sales dalam software ERP dapat meningkatkan fungsi POS anda menjadi lebih dari sekedar kasir. Dengan sistem ERP yang terintegrasi, pegawai toko Anda dapat dengan mudah mendapatkan informasi pelanggan seperti riwayat pembelian, informasi mengenai pelanggan, detail produk, dan ketersediaan stok. Sebaliknya, sistem back office lain seperti Warehouse dan Inventori juga bisa mengakses data dari POS secara real-time, kapan pun dibutuhkan.

ROADS ERP adalah sistem ERP manufaktur dengan fitur-fitur yang cocok untuk bisnis tekstil dan garmen skala kecil dan menengah. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Related Post

Leave a Comment

erp indonesia

© 2021 Roads

Powered by 1Ci. All rights reserved.

Contact Us

Info@roads.id

(+62 22) – 6614726

Jl. Dangdeur Indah III No. 5, Sukajadi, Bandung, 40163

Follow Us